Sunday, October 28, 2012

Profile Diri

:D

Friday, October 26, 2012

Membuat Garis

NAMA  : PANJI PANGESTU
NPM     : 15110312
KELAS : 3KA28 

Membuat garis dengan Menggunakan Open GL, dengan software Dev C++.
Pertama" Download dulu Dev C++ nya DISINI dan download juga GLUT untuk Dev CPP nya DISINI


Install GLUTnya sampai selesai, kemudian membuat Garis menggunakan CPP dengan Open GL. Pilih File>New>Project>Multimedia>OpenGL. 



Setelah selesai akan terbuka suatu project cpp dengan codingnya. kita akan menaruh coding garisnya diantara  /* OpenGL animation code goes here */ dan     /* shutdown OpenGL */

Garis Horinzontal codingnya

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}

Dan hasilnya yang muncul setelah di compile & Run


untuk glClearColor berfungsi untuk menentukan nilai" untuk buffer warna. kemudian glClear GL_COLOR_BUFFER_BIT untuk Menunjukan buffer saat menulis warna. glPushMatrix disini untuk mensave suatu screen dan kemudian ClearColor lagi. glColor3f (1,1,1,0) adalah 3 warna utama yaitu Red Green Blue, jika 1 berarti Yes, dan 0 berarti No, Karena Gabungan 3 warna Red Green Blue adalah putih. jadi untuk garisnya berwarna putih. dan glBegin untuk start. gl vertex3f berfungsi untuk menentukan titik kordinat X, Y dan, Z. dan glEnd untuk berarti end pada suatu program opengl. fungsi glpopmatrix untuk menload data dari coding yang diatas. swapbuffer berfungsi untuk pertukaran buffer, HDC berfungsi menentukan konteks perangkat. Jika format pixel saat jendela direferensikan oleh konteks perangkat termasuk buffer kembali, pertukaran fungsi bagian depan dan belakang buffer.

Garis Vertikal codingnya


glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);
}
}



Dan hasilnya yang muncul setelah di compile & Run

untuk garis ini juga hampir sama tetapi hanya beda posisi di glVertex3f yaitu titik" kordinat yang digunakan.

Garis Diagonal Codingnya


glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);

glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);

}
}

Dan hasilnya yang muncul setelah di compile & Run


untuk garis diagonal pun sama dengan horizontal dan vertikal hanya beda peletakan titik kordinat vertex3f.