Monday, May 13, 2013

Laporan Ilmiah

Posted on 6:49:00 PM by Panji Pangestu


Laporan Ilmiah

Unsur-unsur kerangka laporan
Setiap makalah yang merupakan hasil penelitian ilmiah mempunyai suatu kerangka yang khas. Kerangka makalah terdiri atas unsur-unsur yang sesuai dengan langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian mulai dari penjelasan masalah hingga kesimpulan, agar pembaca dapat mengikuti jalannya penelitian tahap demi tahap. Unsur-unsur dalam kerangka makalah ilmiah yang lazim adalah:
1. Judul makalah, tidak lain adalah judul penelitian itu sendiri. Ide atau fikiran utama harus tercermin dalam judul makalah.
2. Nama penulis (author) dan penulis penyerta (co-author).
3. Nama tempat penelitian/tempat penulis bekerja.
4. Ringkasan (summary) atau abstrak, berisi singkatan atau pokok-pokok informasi suatu makalah ilmiah dan terutama menonjolkan penemuan yang utama dan kesimpulan.
5. Pendahuluan (introduction), memuat permasalahan dan latar belakang penelitian yang berupa tinjauan pustaka, tujuan penelitian dan atau hipotesis (bila ada) harus ditulis secara cermat. Pendahuluan merupakan jantungnya makalah ilmiah, karena didalamnya memuat seluruh ide pemikiran.
6. Bahan (material) dan cara(methods), berisi uraian tentang bahan yang dipakai dalam penelitian dan cara yang digunakan.
7. Hasil (result) dan pembahasan (discussion). Patokan yang harus ditaati adalah data yang disajikan hendaknya tidak menyimpang dari judul makalah, masalah yang dihadapi dan tujuan penelitiannya.
8. Kesimpulan (conclutions), dibuat dengan argumentasi logis dan benar, serta berhubungan dengan permasalahan.
9. Ucapak terima kasih (unknowledgements), pernyataan terimakasih kepada orang atau badan yang telah membantu hingga penelitian tersebut dapat terlaksana.
10. Daftar rujukan (pustaka), tulisan pustaka-pustaka yang diacu dalam membuat laporan ilmiah tersebut berdasarkan urutan abjat penulisnya.

Manfaat penulisan ilmiah:
Sedikit berbeda dengan tujuan penelitian, manfaat penelitian berisikan manfaat penelitian yang dapat diperoleh dari penelitian yang dilakukan

Daftar Pustaka:
Satino dan Sukiya, Strategi Pembuatan Karya Ilmiah Bagi Anggota KIR
Daryono, 2005, Pedoman PI FE Gunadarma

1 Response to "Laporan Ilmiah"

Leave A Reply