Sunday, November 27, 2011

Golden Gate Kalimantan itu tinggal cerita

Posted on 4:15:00 PM by Panji Pangestu


Tim SAR masih berupaya melakukan pencarian korban di sekitar Jembatan Kutai Kartanegara yang rubuh, Sabtu (26/11) kemarin. Jembatan berjuluk 'Golden Gate' Kalimantan itu kini tingal cerita. Padahal, jembatan Kutai Kartanegara menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi.

Jembatan yang selesai dibangun tahun 2001 ini, memang selalu menarik untuk dikunjungi karena keindahan alam yang terhampar di sekitarnya. Dari situs resmi Kabupaten Kutai Kartanegara yang dikunjungi, Minggu (27/11/2011), jembatan ini adalah jembatan gantung terpanjang di Indonesia.

Jembatan Kutai Kartanegara merentang panjang sejauh 710 meter di atas aliran Sungai Mahakam. Masyarakat memanfaatkan jembatan ini sebagai sarana penghubung antara Kota Tenggarong menuju Kota Samarinda.

Jembatan Kartanegara menyerupai Golden Gate yang berada di San Fransisco, Amerika Serikat, sehingga banyak juga yang menjulukinya sebagai Golden Gate-nya Kalimantan.

Dari atas jembatan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah, yakni hamparan sebuah pulau kecil yang memisahkan Kota Tenggarong dan Kecamatan Tenggarong Seberang, yaitu Pulau Kumala. Sebuah pulau yang telah disulap menjadi kawasan wisata rekreasi yang banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain itu, di kawasan Jembatan Kutai Kertanegara ini juga terdapat Jam Bentong yang merupakan sebuah tugu dengan taman yang asri dan indah. Tak jauh dari jembatan, ada sarana olahraga panjang tebing yang bisa dipakai oleh siapa saja.

Biasanya, jembatan selalu dipenuhi pengunjung pada sore hari untuk menikmati keindahan Jembatan Kutai Kartanegara, serta memandang Pulau Kumala dari kejauhan. Tak heran, banyak warga yang senang menghabiskan waktu di atas jembatan ini. Namun, aktivitas itu tidak bisa dilakukan kembali, menyusul rubuhnya jembatan tersebut. 4 Orang tewas dan 29 orang terluka dalam kejadian itu.
 

1 Response to "Golden Gate Kalimantan itu tinggal cerita"

.
gravatar
Unknown Says....

AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
dengan minimal deposit 25 rb
Untuk Pulsa dimulai dari 10RB
dan ada promo TANPA POTONGAN!

hanya ada… di zeusbola!

Segera Hubungi Customer Service Kami Melalui
Whatsapp : +6282277104607


Leave A Reply