Sunday, November 27, 2011

Kepemimpinan Dalam Organisasi

Posted on 3:51:00 PM by Panji Pangestu

Kepemimpinan dalam organisasi adalah yang mana mempunyai tugas bagaimana kita bisa menjadikan sebuah organisasi itu menjadi suatu yang solid.
Tipe-tipe dalam kepemimpinan, yaitu:
-Tipe Otokratik yaitu tipe seorang pemimpin yang egois dan otoriter.
-Tipe Paternalistrik yaitu pemimpin yang hanya terdapat dilingkungan tradisional.
-Tipe Kharismatik yaitu pemimpin yang mempunyai daya tarik sendiri pada pemimpin tersebut sehingga menimbulkan simpati tersendiri kepada organisasinya.
-Tipe Laissez Faire yaitu pemimpin yang berpandangan bahwa organisasinya akan berjalan secara lancar karena anggotanya yang terdiri dari orang-orang dewasa yang sudah memiliki tujuan organisasi.
-Tipe Demokratis yaitu pemimpin yang disegani bukan ditakuti karena melakukan dengan cara manusiawi dan menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia.

Dibalik tipe-tipe kepemimpinan dalam organisasi, terdapat pula teori-teori yang dilakukan oleh seorang pemimpin, yaitu:
-Teori Genetic yaitu teori yang mengatakan bahwa seorang pemimpin akan dilahirkan dengan bakat pemimpin.
-Teori Sosial yaitu teori yang mengatakan bahwa setiap orang akan menjadi pemimpin apabila diberi pendidikan dan kesempatan untuk itu.
-Teori Ekologis yaitu teori yang mengatakan seseorang hanya dapat menjadi pemimpin yang baik apabila waktu lahirnya telah memiliki bakat-bakat kepemimpinan, bakat dimana kemudian dikembangkan melalui pendidikan yang teratur dan pengalaman-pengalaman yang memungkinkannya.

No Response to "Kepemimpinan Dalam Organisasi"

Leave A Reply