Sunday, October 30, 2011

Tugas 4 Teori Organisasi Umum

Posted on 9:57:00 AM by Panji Pangestu

1. Sebutkan ada berapa macam tipe atau bentuk organisasi !
2. Buatlah contoh struktur dan bagan organisasi !

Berdasarkan tipe atau bentuknya:
Dalam perkembangan untuk saat ini pada pokoknya ada 6 bentuk organisasi yang perlu diperhatikan. Bentuk organisasi tersebut adalah:
1. Organisasi Lini (Line Organitation)
Diciptakan oleh Henry Fayol, organisasi lini adalah suatu bentuk organisasi yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan dengan bawahan, sejak dari pimpinan terteinggi sampai dengan jabatan2 yang terendah, antara eselon satu dengan eselon yang lain masing2 dihubungkan dengan garis wewenang atau komando. organisasi ini sering disebut dengan organisasi militer. Organisasi lini hanya tepat dipakai dalam organisasi kecil. Contohnya: Perbengkelan, Kedai Nasi, Warteg.

2. Organisasi Lini dan Staf (Line and Staff Organitation)
Merupakan kombinasi dari organisasi lini, asas komando dipertahankan tetapi dalam kelancaran tugas pemimpin dibantu oleh para staff, dimana staff berperan memberi masukan, bantuan pikiran, saran2.

3. Organisasi Fungsional (Functional Organitation)
Diciptakan oleh Frederick W. Taylor, organisasi ini disusun berdasarkan sifat dan macam pekerjaan yang harus dilakukan, masalah pembagian kerja merupakan masalah yang menjadi perhatian yang sungguh2.

4. Organisasi Lini & Fungsional (Line & Functional Organitation)
Suatu bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada perkepala unit dibawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu dan selanjutnya pimpinan tertinggi tadi masih melimpahkan wewenang kepada pejabat fungsional yang melaksanakan bidang pekerjaan operasional dan hasil tugasnya diserahkan kepada kepala unit terdahulu tanpa memandang tingkatan.

5. Organisasi Lini, Fungsional dan Staff (Line, Functional and Staff Organitation)
Organisasi ini merupakan perkembangan lebih lanjut dari organisasi berbentuk lini dan fungsional.

6. Organisasi Komite (Commite Organitation)
Suatu Organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu lainnya dilaksanakan secara kolektif.


Contoh Struktur dan Bagan Organisasi.

 Saya akan menjelaskan sedikit dimana sebuah perusahaan dipimpin langsung oleh seorang Direktur. nah dibawahnya ada beberapa bawahan yang mewakili bidangnya masing2, manajer keuangan, manajer produksi, manajer pemasaran, dan manajer sdm mempunyai tugas masing2. sedangkan dibawahnya manajer pemasaran ada bagian khusus yang untuk penjualan dan produksi.

1 Response to "Tugas 4 Teori Organisasi Umum"

.
gravatar
Unknown Says....

GAME TERLENGKAP DAN TERPOPULER!
ZEUSBOLA PASTINYA


DEPOSIT 5O RIBU!
BISA MAIN SEMUA GAME YANG ADA DI ZEUSBOLA

KEUNTUNGAN BERLIMPAH DAN MUDAH DI MAINKAN


Segera Hubungi Customer Service Kami Melalui
Whatsapp : +6282277104607

#bonusfreechip #bonusfreebet #sabungayam #SitusDepositViaPulsa #depositviapulsa #agenSitusDepopulsa #agendepopulsa #agendepopakaiovo #depositviaovo #bonuscashback #newmember #slotterbaik #baccarat #togelonline



Leave A Reply