Sunday, October 23, 2011

Windows 7 32bit dan 64bit? Ini perbedaannya

Posted on 12:19:00 AM by Panji Pangestu

Ketika akan mengupgrade komputer? mungkin akan dihadapkan pada 2 pilihan. 32bit atau 64bit? sedangkan kita sendiri tidak tau apa isinya. Disini saya akan mengupas 32bit dan 64bit.


 Baru-baru ini windows 7 telah berhasil meningkatkan popularitas komputerisasi 64bit, bahkan sampai ke pengguna rumahan, tetapi kebanyakan dari mereka tidak mengerti sebenarnya maksud dan kegunaakn 64bit tersebut, bahkan mungkin saja ada yang belum sadar mereka telah menggunakannya.

SEJARAH SINGKAT KOMPUTER 64BIT
Tentang komputer pribadi 32 & 64 bit, formatnya xx bit mengacu pada besarnya register CPU. register disini adalah jumlah penyimpanan yang digunakan oleh CPU ketika CPU tersebut menyimpan data. hal ini diperlukan untuk mempercepat akses data sehingga kinerja dari komputer tetap optimal sehingga jika didasarkan pada besarnya regster tersebut, CPU dengan register 64bit dapet memproses data lebih banyak dibadingkan dengan 32bit yanglebih cepat dar CPU 16bit & 8bit. Semakin banyak ruangan yang tersedia dalam sistem register CPU, maka semakin banyak proses yang dapat ditanganinya, khususnya dalam hal sistem memori. sebagai contoh, sebuah CPU dengan register 32bt akan mempunyai plafon sebanyak 232 alamat dlm register, sehingga kecepatan aksesnya juga terbatas sampai 4GB RAM.


Meskipun komputer 64bit baru didunia teknologi, tapi pada sesungguhnya telah ada semenjak beberapa tahun lalu. komputer pertama yang menggunakan 64bit adalah Cray Unicos, yang diseting sebagai superkomputer 64bit. (dapat dilihat pada gambar ditengah). Komputer 64bit diperkirakan akan ramai menjadi super komputer atau komputer hingga 15tahun lagi, dan selama itu para konsumen secara berangsur2 akan beralih ke 64bit, padahal kenyataannya banyak dari mereka yang sdah menggunakannya. sebagai contoh pada gambar datas nintendo 64 dan PlayStation2 yang memiliki processor 64bit.

APAKAH KOMPUTER ANDA SUPPORT 64BIT?


 Untuk mengujinya, kalian bisa menggunakan aplikasi gratis dari Steve Gibson, yaitu SecurAble seperti yang nampak pada gambar diatas, SecurAble akan menguji 3 variabel processor. Yang pertama akan menguji processor itu sendiri apakah memang versi 64bit atau bukan. kedua akan menguji apakah support terhadap D.E.P yaitu sistem keamanan yang dibuat untuk melindungi mesin dari serangan "unchecked buffer". dan terakhir akan memberitau apakah komputer anda dapat memproses virtualisasi windows XP dibawah windows 7.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN 64BIT


 Berikut adalah beberapa kelebihan dari sistem 64bit:
Kita dapat menambah RAM memori secara gila-gilaaan. Berapa lagi? windows 32bit atau sistem operasi sejenisnya mempunyai kapasitas RAM yang terbatas, yaitu hanya sampai 4096 atau 4GB. sedangkan 64bit, secara teoritis mampu mendukung sistem RAM kurang lebih sekitar 17 miliar GBs, namun secara realistis, karena masalah perizinan dan bukan karena masalah keterbatasan fisik, windows 7 home edition memiliki keterbatasan sistem RAM yang hanya mampu mendukung 16GB, sedangkan windows 7 professional dan ultimate mampu mendukung hingga 192GB RAM.

Peningkatan efisiensi. bukan haya bisa meningkatkan sistem RAM pada sistem kita(tergantung jenis motherboard juga), komputer 64bit juga dapat lebih efisien dalam hal penggunaan RAM tersebut. karna sifat dari alamat 64bit dan bagaimana windows 64bit dapat mengalokasikan memori sehingga dapat melihat hanya sedikit sistem memori yang kita gunakan oleh sistem sekunder, seperti VGA. meskipun kita hanya memasang jumlah RAM secara double, tetapi lebih terasa lebih dari itu karena efisiensinya sistem baru tersebut.

Meningkatnya alokasi virtual memori per proses. dibawah 32bit, windows memiliki keterbatasan penggunaan memori untuk menjalankan aplikasi yaitu hanya sampai 2GB saja, sedangkan game modern, aplikasi foto dan video editing serta aplikasi lainnya membutuhkan memori yang sangat besar. dengan sistem 64bit, semua itu bisa diatasi, sehingga dapat ditingkatkan hingga lebih dari 8TB virtual memori.

Nikmati kelebihan sistem keamanaan. Windows 64bit dengan processor modern 64bit memiliki sistem proteksi atau keamanan tambahan yang tidak tersedia diversi 32bit. sistem keamanan ini termasuk hardware D.E.P serta kernel patch protection yang akan melindungi kita terhadap eksploitasi kernel, dan driver yang harus secara digital yang dapat menahan driver tersebut dari virus.

Kedengarannya menarik bukan? Terus bagiamana kerugiannya?
Kita tidak dapat menemukan driver 64bit untuk perangkat yang sudah tua meskipun perangkat tersebut sangat penting. ini merupakan masalah yang seriues, tetapi jika hardware yang kita pakai diproduksi pada 1 atau 2 tahun terakhir maka tidak akan menemui kesulitan, karena banyak vendor yang menyediakan driver versi 64bit. berbeda dengan hardware yang sudah tua, karena pada vendor lebih banyak menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk mendukung produk barunya daripada menghabiskan waktu dan biaya untuk mendukung produk lama.

Motherboard kita tidak mendukung memori RAM lebih dari 4GB. meskipun jarang ataupun tidak terdengar memiliki motherboard yang akan mendukung processor 64bit dari awal, tetapi tidak akan mendukung memori RAM lebih ari 4GB. dalam hal ini, kita masih mendapatkan keuntungan dari processor 64bit tapi kita tidak akan mendapatkan kelebihan2 seperti yang selama ini kita dambakan, yaitu akses ke memori. namun harga perangkat keras begitu murah akhir2 ini, dan mungkin saatnya pensiun untuk motherboard lama dan mengupgrade pada saat bersamaan dengan OSnya.

Software legal atau masalah software yang berhubungan dengannya. tidak semua software beralih ke64bit. tidak seperti windows versi sebelumnya, windows 7 64bit tidak semuanya mendukung aplikasi 16bit. jika secara kebetulan kita masih menjalankan aplikas lama secara legal, maka lupakan untuk mengupgradenya. karena aplikasi 64bit bukan berarti plugin dan extentionnya sama dengan 32bit. Firefox contohnya, adalah aplikasi secara umum mengalami masalah seperti itu. aplikasi tersedia untuk 64bit, tetapi pluginnya tidak mampu, padahal pluin tersebut juga penting.

KESIMPULANNYA, KITA DAPAT BERALIH KE SISTEM OPERASI 64BIT YANG MUDAH DIGUNAKAN DAN TERJANGKAU DAN PASTINYA MENYENANGKAN.

WELCOME TO 64BIT!

1 Response to "Windows 7 32bit dan 64bit? Ini perbedaannya"

.
gravatar
Unknown Says....

GAME TERLENGKAP DAN TERPOPULER!
ZEUSBOLA PASTINYA


DEPOSIT 5O RIBU!
BISA MAIN SEMUA GAME YANG ADA DI ZEUSBOLA

KEUNTUNGAN BERLIMPAH DAN MUDAH DI MAINKAN


Segera Hubungi Customer Service Kami Melalui
Whatsapp : +6282277104607

#bonusfreechip #bonusfreebet #sabungayam #SitusDepositViaPulsa #depositviapulsa #agenSitusDepopulsa #agendepopulsa #agendepopakaiovo #depositviaovo #bonuscashback #newmember #slotterbaik #baccarat #togelonline



Leave A Reply